PERTEMUAN V
Jenis-jenis Perlengkapan Kantor yang
sering digunakan pada suatu instansi.
1.
Perbekalan kantor (office suplies)
(office
suplies) yaitu benda-benda yang akan habis pemakaiannya sehari-hari di kantor.
Benda ini biasanya digunakan untuk kegiatan tulis menulis dan biasanya tidak
tahan lama. Pengertian habis bukan berarti tidak ada bekasnya namun bisa masih
ada tapi tidak dapat digunakan kembali.
contoh
perbekalan kantor:
a)
Macam-macam kertas (HVS, Stensil, karton, dorslagh, karbon dll)
b)
Tinta, lem, karet penghapus, pita mesin tik.
c)
Paper clip, jepitan kawat, staples.
2.
Peralatan kantor (office appliences)
Adalah
segenap alat yang digunakan dalam pekerjaan tata usaha. Misalnya alat-alat
bukan mesin, atk.
Contoh
peralatan kantor adalah sebagai berikut.
a)
Bak surat (desk try)
b)
Kalender meja (desk calender)
c)
Mistar (ruler)
d)
Pena (pen)
e)
Tangkai pena (pen holder)
f)
Gunting (shears)
g)
Cap tanggal (band date)
h)
Bantalan cap (stamp pad)
3..
Hiasan kantor (office ornament)
Yaitu
benda-benda kantor pada umumnya untuk menambah suasana menyenangkan di kantor.
Berfungsi untuk menambah suasana indah di dalam kantor sehingga semangat kerja
pegawai dapat meningkat, dengan adanya hiasan di kantor diharapkan dapat
mengurangi stress pegawai sehingga kinerja meningkat.
Beberapa
contoh hiasan kantor antara lain :
a)
Bunga hidup atau pohon hidup.
b)
Lukisan-lukisan.
c)
Akuarium
d)
Lampu hias
4.
Perabot kantor tempelan (office fixture)
Yaitu perabot yang telah melekat menjadi satu dengan
bangunan lain di kantor. Misalnya lemari yang telah menjadi satu dengan gedung,
rak buku yang menempel di dinding.
5.
alat bantu peraga
Yaitu
alat-alat yang digunakan untuk membantu kelancaran komunikasi antara penyaji
dan pendengar misalnya tape recorder, LCD, televisi dll. Alat ini sangat
penting ketika terjadi komunikasi antara penyaji dan pendengar untuk membantu
meningkatkan pemahaman antar komunikan dan komunikator.
Beberapa
contoh antara lain:
a)
LCD, OHP.
b)
Microphone
c)
Video, Televisi.
Perlengkapan
kantor tersebut seharusnya dapat meningkatkan kinerja pegawai kantor di suatu
instansi. Penggunaan perlengkapan kantor juga harus diperhatikan agar
perlengkapan kantor tersebut tidak mudah rusak, sehingga akan menghemat
pengeluaran suatu kantor. Untuk memilih peralatan kantor yang baik untuk suatu
kantor ada baiknya simak penjelasannya pada artikel Cara Memilih Perlengkapan
Kantor.
Teknologi perkantoran yang
jarang digunakan di suatu instansi adalah:
1.
Mesin ketik
manual
2.
Mesin fotocopy
manual
3.
Pager
Masalah Yang Dihadapi
Dalam Aktivitas Perkantoran
1. Ketika database yang
terdapat dalam komputer telah penuh, maka media penyimpanan dalam komputer akan
semakin terbatas.
2. Terbatasnya mesin
penunjang kegiatan perkantoran
3. Dibutuhkan kecakapan
dan keterampilan individu dalam menggunakan mesin mesin kantor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar