Senin, 18 April 2016

Menguasai penggunaan teknologi perkantoran

PERTEMUAN V
Jenis-jenis Perlengkapan Kantor yang sering digunakan pada suatu instansi.
1. Perbekalan kantor (office suplies)
(office suplies) yaitu benda-benda yang akan habis pemakaiannya sehari-hari di kantor. Benda ini biasanya digunakan untuk kegiatan tulis menulis dan biasanya tidak tahan lama. Pengertian habis bukan berarti tidak ada bekasnya namun bisa masih ada tapi tidak dapat digunakan kembali.
contoh perbekalan kantor:
a) Macam-macam kertas (HVS, Stensil, karton, dorslagh, karbon dll)
b) Tinta, lem, karet penghapus, pita mesin tik.
c) Paper clip, jepitan kawat, staples.

2. Peralatan kantor (office appliences) 
Adalah segenap alat yang digunakan dalam pekerjaan tata usaha. Misalnya alat-alat bukan mesin, atk. 
Contoh peralatan kantor adalah sebagai berikut.
a) Bak surat (desk try)
b) Kalender meja (desk calender)
c) Mistar (ruler)
d) Pena (pen)
e) Tangkai pena (pen holder)
f) Gunting (shears)
g) Cap tanggal (band date)
h) Bantalan cap (stamp pad)
3.. Hiasan kantor (office ornament) 
Yaitu benda-benda kantor pada umumnya untuk menambah suasana menyenangkan di kantor. Berfungsi untuk menambah suasana indah di dalam kantor sehingga semangat kerja pegawai dapat meningkat, dengan adanya hiasan di kantor diharapkan dapat mengurangi stress pegawai sehingga kinerja meningkat.
Beberapa contoh hiasan kantor antara lain :
a) Bunga hidup atau pohon hidup.
b) Lukisan-lukisan.
c) Akuarium
d) Lampu hias
4. Perabot kantor tempelan (office fixture) 
Yaitu perabot yang telah melekat menjadi satu dengan bangunan lain di kantor. Misalnya lemari yang telah menjadi satu dengan gedung, rak buku yang menempel di dinding.
5. alat bantu peraga 
Yaitu alat-alat yang digunakan untuk membantu kelancaran komunikasi antara penyaji dan pendengar misalnya tape recorder, LCD, televisi dll. Alat ini sangat penting ketika terjadi komunikasi antara penyaji dan pendengar untuk membantu meningkatkan pemahaman antar komunikan dan komunikator.
Beberapa contoh antara lain:
a) LCD, OHP.
b) Microphone
c) Video, Televisi.
Perlengkapan kantor tersebut seharusnya dapat meningkatkan kinerja pegawai kantor di suatu instansi. Penggunaan perlengkapan kantor juga harus diperhatikan agar perlengkapan kantor tersebut tidak mudah rusak, sehingga akan menghemat pengeluaran suatu kantor. Untuk memilih peralatan kantor yang baik untuk suatu kantor ada baiknya simak penjelasannya pada artikel Cara Memilih Perlengkapan Kantor.
Teknologi perkantoran yang jarang digunakan di suatu instansi adalah:
1.      Mesin ketik manual
2.      Mesin fotocopy manual
3.      Pager
Masalah Yang Dihadapi Dalam Aktivitas Perkantoran
1.  Ketika database yang terdapat dalam komputer telah penuh, maka media penyimpanan dalam komputer akan semakin terbatas.
2.  Terbatasnya mesin penunjang kegiatan perkantoran
3.  Dibutuhkan kecakapan dan keterampilan individu dalam menggunakan mesin mesin kantor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar